Persiapkan Dirimu Sebelum Offroad dan Menyatu Di Alam Bebas

Suasana yang hiruk-pikuk, polusi, belum lagi kemacetan di mana-mana kadang membuat orang-orang bosan dengan suasana perkotaan. Dan bertualang di alam terbuka atau yang kini lebih sering di sebut dengan adventure merupakan salah satu pilihan yang pas untuk menghibur diri dan menyegarkan pikiran. Salah satunya adalah adventure offroad roda dua. Nah, agar adventure Anda berjalan dengan lancar, ada baiknya untuk melakukan beberapa persiapan.


1.       Persiapan mental
Mempersiapkan mental adalah hal utama yang harus di lakukan sebelum melakukan aktivitas bertualang di alam terbuka ini. Karena melakukan survive di tengah alam bebas, maka mempersiapkan mental yang kuat dan juga menenangkan mental dalam menghadapi setiap rintangan yang menghadang adalah hal terpenting.

2.       Persiapan fisik
Pastikan fisik Anda dalam keadaan yang benar-benar fit. Meskipun hanya mengalami flu,  pilek, atau pun hanya sedang tidak enak badan Anda tidak dianjurkan untuk melakukan adventure ini. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mengambil resiko.


3.       Safety Gear
Agar terhindar dari cedera baik yang ringan hingga cedera serius, ada baiknya jika Anda menggunakan aneka perlengkapansafety gear seperti helm dan berbagai protector badan hingga protector kaki. Selain itu, yang terpenting adalah mengenakan sepatu khusus adventure.


4.       Cek kondisi motor
Jika Anda memutuskan untuk melakukan offroad di alam bebas, Anda harus benar-benar memperhatukan kondisi motor. Salah satunya adalah servis ringan karburator. Jangan sampai ketika sudah berada di tengah perjalanan lalu motor Anda mengalami kerusakan.


5.       Skill
Skill dalam mengendarai motor tentunya sudah pasti dimiliki oleh orang yang memutuskan untuk melakukan adventure offroad. Tetapi tidak ada salahnya jika sebelum melakukannya, Anda bertanya atau sekedar bertukar pengalaman bersama orang yang sudah sering melakukan adventure offroad. Anda juga bisa berkonsultasi kepada ahlinya.



6.       Sediakan sparepart dan berbagai peralatan penunjang
Jangan lupa untuk membawa part cadangan misalnya busi yang sering mengalami kerusakan, sambungan rantai untuk berjaga-jaga apabila rantai putus di tengah perjalanan, kabel kopling, kabel gas, handle kopling, dan juga jangan sampai Anda melewatkan peralatan kunci-kunci agar Anda dapat membongkar pasang part yang mengalami kerusakan.

7.       Berkelompok
Melakukan adventure offroad berkelompok (minimal 4 orang) selain lebih menyenangkan, juga sangat aman jika di bandingka melakukan adventure sendiri atau mungkin 2 orang. Karena ketika salah satu offroader mengalami kendala, bantuan-bantuan dari offroader lain akan sangat dibutuhkan sehingga kegiatan adventure itu tetap berjalan lancar.

Tidak ada komentar